BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah
Komputer merupakan alat bantu yang sangat
populer dan dibutuhkan sekarang ini dalam
menyelesaikan masalah yang telah digunakan dalam berbagai bidang ilmu
pengetahuan dan teknologi. Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat
memungkinkan untuk melakukan pengolahan data yang hemat ruang, waktu, dan
biaya, yang akan menghasilkan suatu informasi yang sangat berguna dan
bermanfaat. Kemampuan mengolah data dan menggunakan informasi secara efektif
merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan.
Contoh: di sekolah-sekolah, perguruan tinggi,
perusahaan, atau instansi pemerintahaan. Masalah bagaimana menyajikan informasi
data-data siswa merupakan salah satu aspek penting dari sistem informasi manajemen
pada suatu lembaga pendidikan. Karena dengan sistem informasi yang tepat dan
akurat maka pihak manajemen dapat menentukan keputusan yang tepat yang
berkaitan langsung dengan kegiatan perusahaannya.
Pengolahan data dengan kapasitas yang
sangat besar dapat mempermudah pengolahannya dengan menggunakan sistem
komputer. Hal itu dikarenakan komputer memberikan layanan sistem tersendiri
sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan, sehingga pengolahan data yang
dahulunya sangat rumit diselesaikan oleh kemampuan manusia, kini semakin mudah
dan cepat dengan menggunakan bantuan sistem yang ada pada perangkat komputer.
SMK MMA UISU Medan merupakan salah satu
lembaga pendidikan yang mempunyai tujuan yang sama dengan lembaga pendidikan
yang lain, yaitu menciptakan manusia yang terpelajar. Selain itu SMK MMA UISU Medan juga bertujuan untuk
menciptakan sumber daya manusia yang cerdas, terampil, berakhlak dan bermoral.
1
|
Dengan melihat masalah yang dihadapi SMK
MMA UISU Medan tersebut, maka penulis mencoba untuk membahas dan membuat suatu
sistem infomasi dengan judul “SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA SISWA DAN
NILAI FORMATIF PADA SMK MMA UISU MEDAN”
1.2.
Perumusan Masalah
Dalam perumusan masalah ini penulis banyak
mengambil bahan yang relevan dengan judul Kerja Praktek yang dibahas penulis. Hal ini dimaksudkan agar perumusan
masalah tidak menyimpang dari tujuan dan pokok-pokok uraiannya. Penulis
merumuskan masalah sebagai berikut :
1. Bagaimana
merancang sistem informasi mengenai data nilai siswa dan nilai formatif pada
SMK MMA UISU Medan ?
2. Bagaimana
merancang laporan-laporan yang berkaitan dengan nilai siswa ?
1.3.
Ruang Lingkup Pembahasan
Adapun pembahasan yang dilakukan
agar tidak menyimpang dari permasalahan, maka diperlukan pembatasan masalah
yaitu sebagai berikut :
1. Sistem
informasi ini bisa digunakan pihak SMK MMA UISU Medan.
2. Sistem
Informasi ini hanya menampilkan informasi data siswa, data guru, data mata pelajaran, nilai formatif .
1.4.Tujuan
dan Manfaat Kerja Praktek
Dunia usaha menuntut tenaga kerja
yang berkualitas dan dapat mengikuti dinamika perkembangan dunia usaha agar
instansi bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Adapun tujuan dan manfaat kerja
praktek adalah sebagai berikut :
1.4.1. Tujuan Kerja Praktek
Selain
untuk membekali mahasiswa/i dengan pengalaman kerja dalam dunia usaha/dunia
industri, kerja praktek juga bertujuan untuk sebagai berikut:
a. Agar
mahasiswa/i menjadi tenaga yang efektif dan kreatif,
b. Melatih
mahasiswa/i agar lebih berkompetensi di bidangnya,
c. Melatih
mahasiswa/i menjadi tenaga yang terampil,
d. Memberikan
pengetahuan yang praktis dan pengalaman yang di dapat selama kerja praktek agar
mahasiswa/i mengenal tentang dunia
kerja,
e. Agar
mahasiswa/i memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin terhadap diri sendiri, masyarakat,
maupun pekerjaan,
f. Sebagai
persiapan guna menyesuaikan diri dalam dunia kerja.
1.3.2.
Manfaat
Kerja Praktek
Adapun
manfaat kerja praktek yang dilaksanakan adalah:
1. Bagi Sekolah
a. Memperoleh sumber daya manusia yang lebih muda
dengan tenaga dan pemikiran baru,
sehingga menjadi masukan tersendiri bagi instansi.
b. Membuka peluang sebesar-besarnya bagi instansi di
era globalisasi ini untuk menjalin kerja sama yang saling menguntungkan, dengan
cara melibatkan mahasiswa/i yang berkompeten dibidangnya masing-masing.
c. Menciptakan sebuah link antara mahasiswa/i dan instansi serta pihak STMIK Budidarma
Medan.
2. Bagi Mahasiswa
- Menambah perbendaharaan perpustakaan kampus.
- Sebagai bahan pembelajaran para peserta praktek dalam teknik penyusunan laporan ilmiah dan hasil penelitian.
- Sebagai salah satu persyaratan untuk penyusunan skripsi.
- Sebagai bahan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi maupun berdialog langsung dengan masyarakat dalam dunia kerja.
1.5.Metode
Pengumpulan Data
Dalam penyusunan laporan ini,
penulis menerapkan beberapa metode pengumpulan data yang diantaranya adalah:
1. Penelitian Lapangan (field research)
Penelitian lapangan adalah metode pengumpulan data yang mana
penulis terjun langsung kelapangan dengan cara terlibat langsung pada objek
yang hendak dipelajari dan untuk mengambil data yang diperlukan.
a. Wawancara (interview)
Wawancara adalah suatu metode pengumpulan data dengan
cara mengumpulkan data informasi atau melalui tanya jawab dengan nara sumber
ataupun dialog dengan para guru. Penulis mewawancarai kepala Sekolah untuk
mendapatkan informasi tentang data siswa
pada sekolah SMK MMA UISU Medan.
b. Observasi
Penulis terjun langsung ke lapangan untuk mencari informasi serta masalah-masalah
dari data Siswa.
2.
Penelitian Kepustakaan (library research)
a. Referensi
Referensi yaitu penulis mencari data dan
informasi melalui buku yang berkaitan dengan judul laporan.
b. Internet
Internet adalah sebuah perpustakaan besar yang
didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat
berupa teks.
1.3.
Sistematika Penulisan
Suatu penelitian sudah selayaknya
disajikan secara sistematis dengan urutan–urutan yang logis sehingga
sistematika penulisan tersebut dapat diwujudkan sebagai acuan dan tuntutan untuk
melaksanakan atau mengarah pada tujuan. Adapun sistematika penulisan adalah :
BAB I :
PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan
latar belakang pemilihan judul, rumusan masalah, batasan masalah, maksud dan
tujuan penelitian, metode pengumpulan data, serta sistematika penulisan.
BAB II :
TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN
Dalam bab ini penulis menguraikan tentang sejarah singkat
SMK MMA UISU Medan, Visi dan Misi, struktur organisasi, uraian tugas, wewenang dan tanggung jawab.
BAB III :
LANDASAN TEORI
Dalam bab ini dijelaskan mengenai teori-teori yang
mendukung pembuatan kerja praktek dan pengolahan data.
BAB IV :
ANALISA DAN PEMBAHASAN
Membahas sistem
aplikasi yang digunakan dan cara kerja sistem aplikasi yang digunakan.
BAB V :
PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dari keseluruhan penulisan dan
saran yang membantu dalam penulisan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar