Kamis, 14 Maret 2013

BAB I


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.    Latar Belakang Masalah
      Komputer merupakan alat bantu yang sangat populer dan dibutuhkan sekarang ini dalam  menyelesaikan masalah yang telah digunakan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat memungkinkan untuk melakukan pengolahan data yang hemat ruang, waktu, dan biaya, yang akan menghasilkan suatu informasi yang sangat berguna dan bermanfaat. Kemampuan mengolah data dan menggunakan informasi secara efektif merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan.
 Contoh: di sekolah-sekolah, perguruan tinggi, perusahaan, atau instansi pemerintahaan. Masalah bagaimana menyajikan informasi data-data siswa merupakan salah satu aspek penting dari sistem informasi manajemen pada suatu lembaga pendidikan. Karena dengan sistem informasi yang tepat dan akurat maka pihak manajemen dapat menentukan keputusan yang tepat yang berkaitan langsung dengan kegiatan perusahaannya.
      Pengolahan data dengan kapasitas yang sangat besar dapat mempermudah pengolahannya dengan menggunakan sistem komputer. Hal itu dikarenakan komputer memberikan layanan sistem tersendiri sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan, sehingga pengolahan data yang dahulunya sangat rumit diselesaikan oleh kemampuan manusia, kini semakin mudah dan cepat dengan menggunakan bantuan sistem yang ada pada perangkat komputer.
      SMK MMA UISU Medan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai tujuan yang sama dengan lembaga pendidikan yang lain, yaitu menciptakan manusia yang terpelajar. Selain itu      SMK MMA UISU Medan juga bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang cerdas, terampil, berakhlak dan bermoral.
1
           SMK MMA UISU Medan pada saat ini memiliki jumlah siswa lebih dari 100 orang, yang didalamnya terbagi menjadi beberapa bagian kelas menurut tingkatannya masing–masing. Namun, data siswa yang ada pada saat ini masih menggunakan sistem pengarsipan dalam menyimpan data, hal ini akan membutuhkan waktu yang lama dan memerlukan tenaga kerja yang banyak untuk menyelesaikan pendataan siswsa tersebut, dan besar kemungkinan data tersebut hilang atau rusak.
      Dengan melihat masalah yang dihadapi SMK MMA UISU Medan tersebut, maka penulis mencoba untuk membahas dan membuat suatu sistem infomasi dengan judul “SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA SISWA DAN NILAI FORMATIF  PADA SMK MMA UISU MEDAN”
1.2.    Perumusan Masalah
               Dalam perumusan masalah ini penulis banyak mengambil bahan yang relevan dengan judul Kerja Praktek yang dibahas  penulis. Hal ini dimaksudkan agar perumusan masalah tidak menyimpang dari tujuan dan pokok-pokok uraiannya. Penulis merumuskan masalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana merancang sistem informasi mengenai data nilai siswa dan nilai formatif pada SMK MMA UISU Medan ?
2.      Bagaimana merancang laporan-laporan yang berkaitan dengan nilai siswa ?
1.3. Ruang Lingkup Pembahasan
            Adapun pembahasan yang dilakukan agar tidak menyimpang dari permasalahan, maka diperlukan pembatasan masalah yaitu sebagai berikut :
1.      Sistem informasi  ini bisa digunakan  pihak SMK MMA UISU Medan.
2.      Sistem Informasi ini hanya menampilkan informasi data siswa, data guru, data mata pelajaran,  nilai formatif .
1.4.Tujuan dan Manfaat Kerja Praktek
Dunia usaha menuntut tenaga kerja yang berkualitas dan dapat mengikuti dinamika perkembangan dunia usaha agar instansi bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Adapun tujuan dan manfaat kerja praktek adalah sebagai berikut :

1.4.1. Tujuan Kerja Praktek
Selain untuk membekali mahasiswa/i dengan pengalaman kerja dalam dunia usaha/dunia industri, kerja praktek juga bertujuan untuk sebagai berikut:
a.       Agar mahasiswa/i menjadi tenaga yang efektif dan kreatif,
b.      Melatih mahasiswa/i agar lebih berkompetensi di bidangnya,
c.       Melatih mahasiswa/i menjadi tenaga yang terampil,
d.      Memberikan pengetahuan yang praktis dan pengalaman yang di dapat selama kerja praktek agar mahasiswa/i mengenal tentang  dunia kerja,
e.       Agar mahasiswa/i memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin terhadap diri sendiri, masyarakat, maupun pekerjaan,
f.       Sebagai persiapan guna menyesuaikan diri dalam dunia kerja.

1.3.2.      Manfaat Kerja Praktek
Adapun manfaat kerja praktek yang dilaksanakan adalah:
1. Bagi Sekolah
a. Memperoleh sumber daya manusia yang lebih muda dengan tenaga dan pemikiran  baru, sehingga menjadi masukan tersendiri bagi instansi.
b. Membuka peluang sebesar-besarnya bagi instansi di era globalisasi ini untuk menjalin kerja sama yang saling menguntungkan, dengan cara melibatkan mahasiswa/i yang berkompeten dibidangnya masing-masing.
c. Menciptakan sebuah link antara mahasiswa/i dan instansi serta pihak STMIK Budidarma Medan.
2. Bagi Mahasiswa
  1. Menambah perbendaharaan perpustakaan kampus.
  2. Sebagai bahan pembelajaran para peserta praktek dalam teknik penyusunan laporan ilmiah dan hasil penelitian.
  3. Sebagai salah satu persyaratan untuk penyusunan skripsi.
  4. Sebagai bahan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi maupun berdialog langsung dengan masyarakat dalam dunia kerja.

1.5.Metode Pengumpulan Data
            Dalam penyusunan laporan ini, penulis menerapkan beberapa metode pengumpulan data yang diantaranya adalah:
1.   Penelitian Lapangan (field research)
            Penelitian lapangan adalah metode pengumpulan data yang mana penulis terjun langsung kelapangan dengan cara terlibat langsung pada objek yang hendak dipelajari dan untuk mengambil data yang diperlukan.
      a.   Wawancara (interview)
            Wawancara adalah suatu metode pengumpulan data dengan cara mengumpulkan data informasi atau melalui tanya jawab dengan nara sumber ataupun dialog dengan para guru. Penulis mewawancarai kepala Sekolah untuk mendapatkan informasi tentang data siswa  pada sekolah SMK MMA UISU Medan.
      b. Observasi
            Penulis terjun langsung ke lapangan  untuk mencari informasi serta masalah-masalah dari data Siswa.
2. Penelitian Kepustakaan (library research)
a.    Referensi
Referensi yaitu penulis mencari data dan informasi melalui buku yang berkaitan dengan judul laporan.
b.    Internet
Internet  adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks.
1.3.    Sistematika Penulisan
      Suatu penelitian sudah selayaknya disajikan secara sistematis dengan urutan–urutan yang logis sehingga sistematika penulisan tersebut dapat diwujudkan sebagai acuan dan tuntutan untuk melaksanakan atau mengarah pada tujuan. Adapun sistematika penulisan adalah :
BAB I               : PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan latar belakang pemilihan judul, rumusan masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan penelitian, metode pengumpulan data, serta sistematika penulisan.
BAB II              : TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN
Dalam bab ini penulis menguraikan tentang sejarah singkat  SMK MMA UISU Medan, Visi dan Misi, struktur organisasi, uraian tugas, wewenang dan tanggung jawab.
BAB III            : LANDASAN TEORI
Dalam bab ini dijelaskan mengenai teori-teori yang mendukung pembuatan kerja praktek dan pengolahan data.
BAB IV            : ANALISA DAN PEMBAHASAN
                                    Membahas sistem aplikasi yang digunakan dan cara kerja sistem aplikasi yang digunakan.
BAB V              : PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dari keseluruhan penulisan dan saran yang membantu dalam penulisan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar